Membangun kerajinan Kota Kediri

19/04/15


Berada di daerah Dandangan, Kota Kediri, Griya Batik Wecono Asri ini bisa dengan mudah ditemui dengan showroom kecil yang menampilkan batik-batik indah khas Kediri. Saat tim KiM ASPEKORi berkunjung, ibu Kasiana, sang pemilik Batik Wecono Asri, menyambut dengan sangat antusias menceritakan tentang Batiknya.
 
Sekitar tahun 2006, ibu Kasiana mulai mengenal Batik saat mengikuti pelatihan Batik yang diadakan oleh Pemerintah Kota Kediri. Pada awalnya, beliau adalah seorang penjahit terkenal. Setelah mengenal dunia Batik, beliau menutup usaha jahitnya dan beralih ke Batik.

Adanya greget dari Bu Kasiana untuk menggalakkan Batik di Kediri, tidak lain adalah karena Batik itu asli berasal dari Kerajaan Kediri. Seperti Batik Gringsing, Batik Kawung, Batik Parang. Motif-motif tersebut adalah berasal dari Kediri. Namun, greget beliau untuk mengembangkan kembali Batik, tidak dibarengi dengan minat ibu-ibu PKK di sekitar rumah beliau.

Pada tahun 2010 PNPM mengadakan kunjungan ke Batik Wecono Asri dan ingin mengadakan pelatihan Batik di Dandangan. Lantas, tim PNPM mengumpulkan ibu-ibu yang berminat dengan Batik hingga terkumpul 20 orang untuk dilatih oleh ibu kasiana sendiri. namun, dari 20 orang yang dilatih, hanya 2 orang yang benar-benar minat hingga proses akhir pembuatan Batik.

Awal mendirikan Batiknya, ibu Kasiana mengaku sempat kesulitan modal untuk membeli bahan-bahan seperti kain, canting, malam. Ditambah dengan keadaan ibu-ibu yang ikut membatik, saat itu baru saja merugi karena satu persatu dari mereka harus menutup warung nasi mereka karena banyak gudang yang ditutup. Lantas ibu kasiana pun berinisiatif untuk memberikan bahan secara merugi kepada ibu-ibu untuk latihan hingga jadi Batik.

Sekarang ini, terdapat sekitar 5-10 orang yang membatik di Griya Batik Wecono Asri. Untuk pengerjaan Batiknya dikerjakan di Sanggar Batik yang terletak terpisah dengan Showroom Batik Wecono Asri. Mulai dari proses mencanting hingga selesai menjadi Batik dikerjakan di Sanggar.

Batik Wecono Asri mempunyai motif-motif unik hasil desain dari ibu Kasiana sendiri. Seperti Motif Sayur Asem, Motif Jaranan, Motif Kali Brantas, Motif Pring Sedapur, dan lain-lain. Untuk pewarnanya pun ada yang menggunakan warna kimia dan juga warna alami dari Rambutan, Jolawe, dan Mauni.

Untuk harga Batik Tulis Wecono Asri sendiri sekitar 200rb. Untuk Batik Tulis warna alami sekitar 350rb. Cukup murah untuk satu lembar Batik Tulis warna alami. Ibu kasiana bertutur tidak ingin membandrol harga yang mahal-mahal untuk Batiknya, cukup bisa mengganti bahan-bahannya saja. (tiw/apk)

Batik Wecono Asri, Kota Kediri


Griya Batik “Wecono Asri”
Jalan Dandangan I No. 154 RT/RW 01/09 Kota Kediri
(ibu Kasiana Masliem : 0354 690 852 / 081 335 691 158)

0 komentar:

Posting Komentar